Dalam rangka menumbuhkan gairah dan kecintaan pada anak untuk membaca buku, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Pandeglang menggelar lomba bercerita tingkat SMP sederajat yang dilaksanakan di Oproom Setda Pandeglang, Rabu.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Pandeglang, Undang Suhendar saat memberikan sambutannya di acara tersebut mengatakan, budaya membaca buku sepatutnya ditanamkan sejak dini. melalui membaca, cakrawala berpikir seseorang akan terbuka dan menyerap banyak ilmu pengetahuan. Minat baca akan memengaruhi kehidupan individu dan bangsa pada masa mendatang, juga meningkatkan intelektual untuk menentukan masa depan global.

“Seperti yang kita pahami bersama bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang generasi penerusnya mempunyai karakter yang dibentuk melalui pola pendidikan, baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal yang mengacu pada pembelajaran, peningkatan moral dan intelektual, keterampilan serta kreativitas dengan melibatkan peranan keluarga, sekolah maupun masyarakat dalam upaya menumbuh kembangkan kegemaran baca anak sejak usia dini. Perpustakaan menjadi jembatan mencerdaskan kehidupan bangsa,” katanya.

Ia menambahkan, diperlukan upaya yang terus menerus dan berkesinambungan agar minat baca masyarakat pada umumnya dan anak-anak didik pada khususnya dapat ditumbuhkembangkan secara mantap.

“kita terus berupaya agar bagaimana minat baca di masyarakat, terutama pada anak usia dini di Kabupaten Pandeglang terus meningkat,” singkatnya.

Kepala Bidang Pengelola Layanan Perpustakaan, DPAD Kabupaten Pandeglang, Saepudin Azid mengatakan, untuk mempercepat peningkatan keterampilan dan kebiasaan membaca, disamping melalui buku-buku bacaan dan referensi yang mempunyai peranan yang sangat penting, perlu juga upaya-upaya kegiatan lainnya yang sifatnya merangsang dan memotivasi masyarakat untuk membaca, seperti halnya kegiatan ini.Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab.Pandeglang Drs. H. Undang Suhendar, M.Pd membuka acara Lomba Bercerita Bagi SLTP/ Sederajat Tingkat Kab. Pandeglang.